Pengertian Java
Java adalah
bahasa
pemrograman yang
dapat dijalankan di berbagai komputer termasuk telepon genggam. Bahasa ini awalnya dibuat oleh James Gosling saat masih bergabung di Sun Microsystems saat ini merupakan bagian dari Oracle dan dirilis tahun 1995. Bahasa ini banyak mengadopsi sintaksis yang terdapat pada C dan C++ namun dengan sintaksis model objek yang lebih sederhana serta dukungan
rutin-rutin aras bawah yang minimal. Aplikasi-aplikasi berbasis java umumnya
dikompilasi ke dalam p-code (bytecode) dan dapat dijalankan pada berbagai Mesin
Virtual Java (JVM). Java
merupakan bahasa pemrograman yang bersifat umum/non-spesifik (general
purpose), dan secara khusus didisain untuk memanfaatkan dependensi
implementasi seminimal mungkin. Karena fungsionalitasnya yang memungkinkan
aplikasi java mampu berjalan di beberapa platform sistem operasi yang berbeda, java dikenal pula dengan
slogannya, "Tulis sekali, jalankan di mana pun". Saat ini java
merupakan bahasa pemrograman yang paling populer digunakan, dan secara luas
dimanfaatkan dalam pengembangan berbagai jenis perangkat lunak aplikasi ataupun
aplikasi
Sejarah perkembangan
Bahasa
pemrograman
Java terlahir dari The Green Project, yang berjalan selama 18
bulan, dari awal tahun 1991 hingga musim panas 1992. Proyek tersebut belum menggunakan versi
yang dinamakan Oak. Proyek ini dimotori oleh
Patrick Naughton, Mike Sheridan, dan James Gosling, beserta sembilan
pemrogram lainnya dari Sun Microsystems. Salah satu hasil proyek
ini adalah maskot Duke yang dibuat oleh Joe Palrang.
Pertemuan
proyek berlangsung di sebuah gedung perkantoran Sand Hill Road di Menlo Park. Sekitar musim panas 1992 proyek ini ditutup
dengan menghasilkan sebuah program Java Oak pertama, yang ditujukan
sebagai pengendali sebuah peralatan dengan teknologi layar sentuh (touch
screen), seperti pada PDA sekarang ini. Teknologi baru ini dinamai
"*7" (Star Seven).
Setelah
era Star Seven selesai, sebuah anak perusahaan Tv kabel tertarik ditambah beberapa
orang dari proyek The Green Project. Mereka memusatkan kegiatannya pada sebuah
ruangan kantor di 100 Hamilton Avenue, Palo Alto.
Perusahaan
baru ini bertambah maju: jumlah karyawan meningkat dalam waktu singkat dari 13
menjadi 70 orang. Pada rentang waktu ini juga ditetapkan pemakaian Internet sebagai medium yang
menjembatani kerja dan ide di antara mereka. Pada awal tahun 1990-an, Internet
masih merupakan rintisan, yang dipakai hanya di kalangan akademisi dan militer.
Mereka
menjadikan perambah (browser) Mosaic sebagai landasan awal untuk membuat perambah
Java pertama yang dinamai Web Runner, terinsipirasi dari film 1980-an, Blade
Runner. Pada perkembangan rilis pertama, Web Runner berganti nama menjadi Hot
Java.
Pada
sekitar bulan Maret 1995, untuk pertama kali kode sumber Java versi
1.0a2 dibuka. Kesuksesan mereka diikuti dengan untuk pemberitaan pertama kali
pada surat kabar San Jose Mercury News pada tanggal 23 Mei 1995.
Sayang
terjadi perpecahan di antara mereka suatu hari pada pukul 04.00 di sebuah
ruangan hotel Sheraton Palace. Tiga dari pimpinan utama
proyek, Eric
Schmidt
dan George Paolini dari Sun Microsystems bersama Marc Andreessen, membentuk Netscape.
Nama
Oak, diambil dari pohon oak yang tumbuh di depan jendela ruangan kerja
"Bapak Java", James Gosling. Nama Oak ini tidak
dipakai untuk versi release Java karena sebuah perangkat lunak lain sudah
terdaftar dengan merek dagang tersebut, sehingga diambil nama penggantinya
menjadi "Java". Nama ini diambil dari kopi murni yang digiling
langsung dari biji (kopi tubruk) kesukaan Gosling. Konon kopi ini berasal dari
Pulau Jawa. Jadi nama bahasa
pemrograman Java tidak lain berasal dari kata Jawa (bahasa Inggris untuk Jawa
adalah Java).
Versi awal
Versi
awal Java pada tahun 1996 sudah merupakan versi
release sehingga dinamakan Java Versi 1.0. Java versi ini menyertakan banyak
paket standar awal yang terus dikembangkan pada versi selanjutnya:
- java.lang: Peruntukan kelas elemen-elemen dasar.
- java.io: Peruntukan kelas input dan output, termasuk penggunaan berkas.
- java.util: Peruntukan kelas pelengkap seperti kelas struktur data dan kelas kelas penanggalan.
- java.net: Peruntukan kelas TCP/IP, yang memungkinkan berkomunikasi dengan komputer lain menggunakan jaringan TCP/IP.
- java.awt: Kelas dasar untuk aplikasi antarmuka dengan pengguna (GUI)
- java.applet: Kelas dasar aplikasi antar muka untuk diterapkan pada penjelajah web.
Kelebihan
- Multiplatform. Kelebihan utama dari Java ialah dapat dijalankan di beberapa platform / sistem operasi komputer, sesuai dengan prinsip tulis sekali, jalankan di mana saja. Dengan kelebihan ini pemrogram cukup menulis sebuah program Java dan dikompilasi (diubah, dari bahasa yang dimengerti manusia menjadi bahasa mesin / bytecode) sekali lalu hasilnya dapat dijalankan di atas beberapa platform tanpa perubahan. Kelebihan ini memungkinkan sebuah program berbasis java dikerjakan di atas operating system Linux tetapi dijalankan dengan baik di atas Microsoft Windows. Platform yang didukung sampai saat ini adalah Microsoft Windows, Linux, Mac OS dan Sun Solaris. Penyebabnya adalah setiap sistem operasi menggunakan programnya sendiri-sendiri (yang dapat diunduh dari situs Java) untuk meninterpretasikan bytecode tersebut.
- OOP (Object Oriented Programming - Pemrogram Berorientasi Objek)
- Perpustakaan Kelas Yang Lengkap, Java terkenal dengan kelengkapan library/perpustakaan (kumpulan program program yang disertakan dalam pemrograman java) yang sangat memudahkan dalam penggunaan oleh para pemrogram untuk membangun aplikasinya. Kelengkapan perpustakaan ini ditambah dengan keberadaan komunitas Java yang besar yang terus menerus membuat perpustakaan-perpustakaan baru untuk melingkupi seluruh kebutuhan pembangunan aplikasi.
- Bergaya C++, memiliki sintaks seperti bahasa pemrograman C++ sehingga menarik banyak pemrogram C++ untuk pindah ke Java. Saat ini pengguna Java sangat banyak, sebagian besar adalah pemrogram C++ yang pindah ke Java. Universitas-universitas di Amerika Serikat juga mulai berpindah dengan mengajarkan Java kepada murid-murid yang baru karena lebih mudah dipahami oleh murid dan dapat berguna juga bagi mereka yang bukan mengambil jurusan komputer.
- Pengumpulan sampah otomatis, memiliki fasilitas pengaturan penggunaan memori sehingga para pemrogram tidak perlu melakukan pengaturan memori secara langsung (seperti halnya dalam bahasa C++ yang dipakai secara luas).
Kekurangan
- Tulis sekali, jalankan di mana saja - Masih ada beberapa hal yang tidak kompatibel antara platform satu dengan platform lain. Untuk J2SE, misalnya SWT-AWT bridge yang sampai sekarang tidak berfungsi pada Mac OS X.
- Mudah didekompilasi. Dekompilasi adalah proses membalikkan dari kode jadi menjadi kode sumber. Ini dimungkinkan karena kode jadi Java merupakan bytecode yang menyimpan banyak atribut bahasa tingkat tinggi, seperti nama-nama kelas, metode, dan tipe data. Hal yang sama juga terjadi pada Microsoft .NET Platform. Dengan demikian, algoritma yang digunakan program akan lebih sulit disembunyikan dan mudah dibajak/direverse-engineer.
- Penggunaan memori yang banyak. Penggunaan memori untuk program berbasis Java jauh lebih besar daripada bahasa tingkat tinggi generasi sebelumnya seperti C/C++ dan Pascal (lebih spesifik lagi, Delphi dan Object Pascal). Biasanya ini bukan merupakan masalah bagi pihak yang menggunakan teknologi terbaru (karena trend memori terpasang makin murah), tetapi menjadi masalah bagi mereka yang masih harus berkutat dengan mesin komputer berumur lebih dari 4 tahun.
Contoh kode program sederhana
// Outputs "Hello, world!" and then
exits
public class HelloWorld {
public static void main(String args[]) {
System.out.println("Hello,
world!");
}
}
Tahap kompilasi
- Tulis / Ubah. Pemrogram menulis program dan menyimpannya di media dalam bentuk berkas '.java'.
- Kompilasi. Pengkompilasi membentuk bytecodes dari program menjadi bentuk berkas '.class'.
- Muat. Pemuat kelas memuat bytecodes ke memori.
- Verifikasi. Peng-verifikasi memastikan bytecodes tidak mengganggu sistem keamanan Java.
- Jalankan. Penerjemah menerjemahkan bytecodes ke bahasa mesin.tidak bisa di pakai‘’
Integrated Development Environment
Banyak
pihak telah membuat IDE (Integrated Development
Environment - Lingkungan Pengembangan Terintegrasi) untuk Java. Yang
populer saat ini (Juli 2006) antara lain:
- Dr. Java, program gratis yang dikembangkan oleh Universitas Rice, Amerika Serikat
- BlueJ, program gratis yang dikembangkan oleh Universitas Monash, Australia
- NetBeans (open source- Common Development and Distribution License (CDDL))
NetBeans
disponsori Sun Microsystems, dan versi terkininya memilki Matisse, sebuah GUI
Editor yang menurut pendapat umum merupakan yang terbaik.[butuh rujukan]
- Eclipse JDT (open source- Eclipse Public License)
Eclipse dibuat dari kerja sama antara
perusahaan-perusahaan anggota 'Eclipse Foundation' (beserta individu-individu
lain). Banyak nama besar yang ikut dalam 'Eclipse Foundation', termasuk IBM,
BEA, Intel, Nokia, Borland. Eclipse bersaing langsung dengan Netbeans IDE.
Plugin tambahan pada Eclipse jauh lebih banyak dan bervariasi dibandingkan IDE
lainnya.
- IntelliJ IDEA (commercial, free 30-day trial)
- Oracle JDeveloper (free)
- Xinox JCreator (ada versi berbayar maupun free)
JCreator
ditulis dalam C/C++ sehingga lebih cepat (dan menggunakan memori lebih sedikit)
dari kebanyakan.
Pranala luar
- (Indonesia) Belajar Java
- (Inggris) Situs resmi Java Sun
- (Inggris) Java.net Wiki
- (Inggris) JavaHow – help forum
- (Inggris) Sejarah Java
- (Indonesia) Kumpulan Tips Pemrograman Java
- (Inggris) Decompiler-HOWTO
- (Inggris) Full Java Tutorial
- (Inggris) Learn Java Programming by Examples
- (Indonesia) Tutorial Video Pemrograman Java
|
|||||
|
Contoh Program Java:
Perhitungan Aritmatika
package latihan;
public class Latihan {
public static void main(String[] args) {
// deklarasi variabel
double panjang = 25;
double lebar = 10;
double jumlah;
double kurang;
double kali;
double bagi;
double modulus;
//proses operasi
jumlah = panjang + lebar; // operasi Penjumlahan
kurang = panjang - lebar; // operasi Pengurangan
kali = panjang * lebar; // operasi Perkalian
bagi = panjang / lebar; // Operasi Pembagian
modulus = panjang % lebar; //operasi Modulus
//mencetak hasil
System.out.println("Hasil Penjumlahan : " + jumlah);
System.out.println("Hasil Pengurangan : " + kurang);
System.out.println("Hasil Perkalian : " + kali);
System.out.println("Hasil Pembagian : " + bagi);
System.out.println("Hasil Modulus : " + modulus);
}
}
public class Latihan {
public static void main(String[] args) {
// deklarasi variabel
double panjang = 25;
double lebar = 10;
double jumlah;
double kurang;
double kali;
double bagi;
double modulus;
//proses operasi
jumlah = panjang + lebar; // operasi Penjumlahan
kurang = panjang - lebar; // operasi Pengurangan
kali = panjang * lebar; // operasi Perkalian
bagi = panjang / lebar; // Operasi Pembagian
modulus = panjang % lebar; //operasi Modulus
//mencetak hasil
System.out.println("Hasil Penjumlahan : " + jumlah);
System.out.println("Hasil Pengurangan : " + kurang);
System.out.println("Hasil Perkalian : " + kali);
System.out.println("Hasil Pembagian : " + bagi);
System.out.println("Hasil Modulus : " + modulus);
}
}
Screenshoot Hasil: Program Perhitungan Dasar Java

Contoh Program Java: Menghitung Rata-rata Nilai
Program dibawah ini merupakan contoh
untuk mencari rata-rata nilai dari 3 bilangan yang dimasukan, masukan bilangan
pertama, kedua dan ketiga kemudian tampilkan hasil dengan tampung semua
bilangan kemudian bagi jumlah bilangan tersebut sehingga muncul hasil
perhitungan, berikut contoh kode program menghitung nilai rata-rata pada java:
Contoh Program Java: Hitung
Nilai Rata-Rata
package latihan2;
import java.util.Scanner;
public class scanner_angka {
/**
* @param args
*/
public static void main(String[] args) {
// TODO Auto-generated method stub
int nilai1, nilai2, nilai3;
double hasil;
Scanner DataIn = new Scanner(System.in);
System.out.print("Nilai Ujian Ke-1 : ");
nilai1 = DataIn.nextInt();
System.out.print("Nilai Ujian Ke-2 : ");
nilai2 = DataIn.nextInt();
System.out.print("Nilai Ujian Ke-3 : ");
nilai3 = DataIn.nextInt();
hasil = (nilai1+nilai2+nilai3)/3;
System.out.println("Nilai Rata-Rata : " + hasil);
}
}
import java.util.Scanner;
public class scanner_angka {
/**
* @param args
*/
public static void main(String[] args) {
// TODO Auto-generated method stub
int nilai1, nilai2, nilai3;
double hasil;
Scanner DataIn = new Scanner(System.in);
System.out.print("Nilai Ujian Ke-1 : ");
nilai1 = DataIn.nextInt();
System.out.print("Nilai Ujian Ke-2 : ");
nilai2 = DataIn.nextInt();
System.out.print("Nilai Ujian Ke-3 : ");
nilai3 = DataIn.nextInt();
hasil = (nilai1+nilai2+nilai3)/3;
System.out.println("Nilai Rata-Rata : " + hasil);
}
}
Screenshoot Hasil: Program Perhitungan Nilai Rata-Rata

Contoh Program Java: Menampilkan
Data String (Nama)
Program sederhana java selanjutnya
adalah bagaimana cara menampilkan data yang berupa string di tampilkan di
program java, dari contoh dibawah ini diimplementasikan penggunaan scanner
untuk berfungsi menginputkan data.
Contoh Program Java: Menampilkan
Nama
package latihan2;
import java.util.Scanner;
public class scanner {
/**
* @param args
*/
public static void main(String[] args) {
// TODO Auto-generated method stub
String nama;
Scanner input_program = new Scanner (System.in);
System.out.print("Masukan Nama Anda: ");
nama = input_program.nextLine();
System.out.println("Nama Anda : " + nama);
}
}
import java.util.Scanner;
public class scanner {
/**
* @param args
*/
public static void main(String[] args) {
// TODO Auto-generated method stub
String nama;
Scanner input_program = new Scanner (System.in);
System.out.print("Masukan Nama Anda: ");
nama = input_program.nextLine();
System.out.println("Nama Anda : " + nama);
}
}
Screenshoot Hasil: Program Menampilkan Data yang Diinputkan



pengertian dan contoh pemograman java
Reviewed by Unknown
on
Agustus 22, 2017
Rating:
Tidak ada komentar: